<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\r\nLOKASI SMP NEGERI 2 BERBAH"^^ . "Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang\r\nsalah satunya berlokasi di SMP Negeri 2 Berbah telah dilaksanakan oleh\r\nmahasiswa pada tanggal 02 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Kelompok PPL\r\ndi lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 7 Program Studi, yaitu: Program Studi\r\nPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Seni\r\nKerajinan, Program Studi Seni Tari, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan\r\nSosial, Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Bimbingan\r\nKonseling dan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.\r\nTujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih\r\nmahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran\r\ndan kegiatan kependidikan di sekolah sebagai bekal untuk mengembangkan diri\r\nsebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan,\r\nmeliputi: pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan\r\nmedia dan kegiatan lainnya.\r\nProgam kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan\r\nyang meliputi: konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan\r\nperangkat pembelajaran, konsultasi perangkat pembelajaran, persiapan metode\r\ndan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas.\r\nDalam kegiatan PPL ini praktikan mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia\r\nuntuk kelas VII, khususnya kelas VII A dan VII B. Pada kelas VII mata pelajaran\r\nbahasa Indonesia memiliki jumlah 6 jam tiap minggu untuk masing-masing kelas.\r\nTiap minggu, praktikan mengajar 2 kali pertemuan (6 jam pelajaran), yaitu pada\r\nhari Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at. Materi yang diajarkan tentang teks hasil\r\nobservasi\r\nPraktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini\r\nmendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat.\r\nProgam kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan\r\nlancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung dengan baik, mulai dari\r\nobservasi, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses belajar\r\nmengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih\r\ndalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga\r\nbagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama dibidang pendidikan.\r\nAdapun saran dari penyusun agar dari pihak sekolah lebih\r\nmengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses belajar\r\nmengajar. Selanjutnya, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa\r\nPPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk\r\nmahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari\r\ntentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya\r\nlebih baik."^^ . "2014" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Laporan ppl"^^ . . . . . . . . "ADITYA PRATAMA"^^ . "ADITYA PRATAMA"^^ . "ADITYA PRATAMA ADITYA PRATAMA"^^ . . . . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\r\nLOKASI SMP NEGERI 2 BERBAH (Text)"^^ . . . "103.docx"^^ . . "HTML Summary of #43006 \n\nLAPORAN \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) \nLOKASI SMP NEGERI 2 BERBAH\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .