%0 Report %9 Project Report %A ADITYA PRATAMA, ADITYA PRATAMA %D 2014 %F UNY:43006 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 BERBAH %U http://eprints.uny.ac.id/43006/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMP Negeri 2 Berbah telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 02 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16 mahasiswa dari 7 Program Studi, yaitu: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan, Program Studi Seni Tari, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Bimbingan Konseling dan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan, meliputi: pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan kegiatan lainnya. Progam kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan yang meliputi: konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan perangkat pembelajaran, konsultasi perangkat pembelajaran, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Dalam kegiatan PPL ini praktikan mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas VII, khususnya kelas VII A dan VII B. Pada kelas VII mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki jumlah 6 jam tiap minggu untuk masing-masing kelas. Tiap minggu, praktikan mengajar 2 kali pertemuan (6 jam pelajaran), yaitu pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at. Materi yang diajarkan tentang teks hasil observasi Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Progam kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung dengan baik, mulai dari observasi, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama dibidang pendidikan. Adapun saran dari penyusun agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses belajar mengajar. Selanjutnya, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya lebih baik.