eprintid: 42977 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/29/77 datestamp: 2016-10-31 01:39:56 lastmod: 2019-10-01 11:55:13 status_changed: 2016-10-31 01:39:56 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: ARINDA NURCAHYANI, ARINDA NURCAHYANI title: LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK PERTIWI NANGSRI BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATEN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: raktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu mata kuliah yang memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dibidang tenaga kependidikan untuk dapat praktik mengajar secara langsung disekolah. Kegiatan dalam mata kuliah PPL ini terkait dengan proses pembelajaran serta kegiatan lain yang mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Mata kuliah PPL ditujukan pada masyarakat sekolah, masyarakat sekitar sekolah, baik kegiatan akademis dan pembelajaran maupun kegiatan untuk meningkatkan proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru yang harus dikuasai sebagai seorang pendidik. Sekolah yang dijadikan mitra dengan UNY salah satunya adalah TK Pertiwi Nangsri. TK Pertiwi Nangsri berlokasi di dusun Brajan, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Observasi di TK mulai dilakukan pada Selasa, 11 Februari 2014 sampai Sabtu, 15 Februari 2014. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak sembilan kali pertemuan, yang meliputi tujuh kali pertemuan menjadi guru utama, dan dua kali pertemuan sebagai ujian mengajar. Pelaksanakan program pengajaran tersebut, penyusu melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrument; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selain pada kegiatan pengajaran, adapun kegiatan non pengajaran seperti optimalisasi guru dalam program UKS, Optimalisasi guru dalam pembuatan dan pemanfaatan media, sumber belajar, dan dekorasi, Pembentukan diri berbudaya melalui tata tertib sekolah, Pengadaan polisi sampah, Pengadaan program Jumat sehat, Pengadaan program Sabtu hijau, Parenting school, Pengadaan Upacara Bendera, Pelatihan dan pembentukan dokter kecil, Pemantauan gizi dan kesehatan anak, Pameran karya anak dengan bahan dasar sampah, dan Pengenalan tempat-tempat umum melalui kegiatan field trip. Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Setelah ujian, maka mahasiswa PPL akan ditarik kembali oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta oleh Dewan Pembimbing Lapangan PPL yaitu Bp. Joko Pamungkas, M. Pd. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2014 di TK Pertiwi Nangsri. date: 2014 publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: ARINDA NURCAHYANI, ARINDA NURCAHYANI (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK PERTIWI NANGSRI BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42977/1/BAB%20I%2C%20II%2C%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42977/2/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42977/3/Lampiran%201.%20Matriks.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42977/4/Lampiran%201.%20Matriks.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42977/5/Lampiran%202.%20Catatan%20Mingguan.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42977/6/Lampiran%203.%20Perangkat%20Pembelajaran.pdf