eprintid: 42967 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/04/29/67 datestamp: 2016-10-31 01:11:41 lastmod: 2016-10-31 01:11:41 status_changed: 2016-10-31 01:11:41 type: article metadata_visibility: show creators_name: C Asri, Budiningsih creators_name: Isniatun, Munawaroh creators_name: Sisca, Rahmadonna corp_creators: LPPM UNY title: PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: pembelajaran multiple intellegence note: Laporan Akhir PPM Reguler 2010 abstract: Pelatihan ini dimaksudkan meningkatkan kemampuan guru dalam hal penerapan model pembelajaran pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan penerapan model pembelajaran multiple intelligence yang dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang menyenangkan di ruang-ruang kelas. Secara khusus, pelatihan ini bertujuan untuk: (1) Memberikan pemahaman kepada guru tentang pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan penerapan model pembelajaran multiple intelligence; (2) Peningkatan kemampuan guru SD dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi dengan menggunakan model pembelajaran multiple intelligence; (3) Terimplementasikannya model pembelajaran multiple intelligence di sekolah dasar sesuai dengan kondisi dan potensi yang dimiliki siswa. Metode yang digunakan dalam keseluruhan program pelatihan ini meliputi: (1) Analisis masalah pembelajaran; (2) Pemberian materi; (3) Diskusi kelompok; (4) Simulasi pembelajaran; (5) evaluasi. Subjek sasaran dari pelatihan ini adalah 27 orang guru dari 3 sekolah dasar yang ada di Yogyakarta. Hasil dari pelatihan pembelajaran multiple intellegence menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran multiple Intelligence akan menjadi menyenangkan karena pembelajaran yang berbasis multiple Intelligence menuntut pembelajaran yang tidak statis, tetapi selalu dinamis dan berubah-ubah dengan mempergilirkan kecerdasan yang ada; (2) Adanya peningkatan pemahaman guru terhadap pembelajaran multiple intellegence; (3) Pembelajaran multiple intellegence lebih tepat dilaksanakan dengan terintegrasi pada proses pembelajaran yang diakukan di sekolah. date: 2010 date_type: published publication: Artikel PPM Reguler refereed: TRUE citation: C Asri, Budiningsih and Isniatun, Munawaroh and Sisca, Rahmadonna (2010) PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA. Artikel PPM Reguler. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42967/1/Asri%20Budiningsih.docx