relation: http://eprints.uny.ac.id/42966/ title: LAPORAN INDIVIDUAL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) creator: Karlina Faturokhmi, Karlina Faturokhmi subject: LPPMP description: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik sebesar 3 sks dan bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa kependidikan dibidang pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat dari bangku perkuliahan melalui suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, serta memantapkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Kegiatan PPL diawali dengan dilakukan observasi kelas pada bulan Maret 2014 untuk mengetahui situasi dan kondisi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakteristik siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penerjunan kegiatan PPL dilaksanakan tanggal 2 Juli dan diakhiri dengan penarikan pada tanggal 17 September 2014 bertempat di SMK Negeri 4 Klaten. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan PPL antara lain persiapan administrasi mengajar yaitu silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan materi ajar, melaksanakan praktik mengajar di kelas, membuat evaluasi pembelajaran, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian kegiatan PPL. Mata diklat yang diampu oleh penyusun adalah Kompetensi Kejuruan Akuntansi Keuangan dan materi yang diajarkan adalah memahami dana kas kecil dan mencatat pembentukan, pengeluaran dan pengisian kembali dana kas kecil untuk kelas XI AK 1, XI AK 2, dan XI AK 3. Frekuensi tatap muka di tiap kelas dalam satu minggu adalah 6 jam pelajaran, sehingga dalam satu minggu ada 13,5 jam tatap muka. Meskipun terdapat hambatan dalam proses pembelajaran seperti tidak berfungsinya LCD yang ada di ruang teori, dan siswa belum siap pada saat pembelajaran sudah dimulai namun masalah tersebut dapat diatasi dengan memberikan handout kepada peserta didik dan memotivasi siswa untuk dapat memulai pembelajaran. Dalam kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten penyusun dapat memperoleh pengalaman nyata dalam proses belajar mengajar, belajar untuk membuat persiapan mengajar, dan belajar menjadi guru yang profesional. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2014 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/1/BAB%20I%2C%20BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/2/Dokumentasi.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/3/halaman%20sampul%2C%20kata%20pengantar%2C%20daftar%20isi%2C%20abstrak.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/4/Daftar%20Hadir.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/5/laporan%20dana%20PPL.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/6/Matriks%20Individu.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/7/Program%20Pengayaan%20kelas%20XI%20Ak%201%2C%20Ak2%2C%20dan%20Ak%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/8/observasi%20sekolah%2C%20observasi%20kelas%2C%20jadwal%20mengajar.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/9/Dana%20Kas%20Kecil%20Fluktuasi%20PPT.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/10/Kas%20Kecil%20Metode%20Dana%20Tetap%20PPT.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/11/materi%20ajar.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/12/Pemeriksaan%20Fisik%20Saldo%20Kas%20Kecil%20PPT.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/13/Soal%20Ulangan%20dan%20Jawaban.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/14/Soal%20Ulangan%20dan%20Jawaban.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/15/Lembar%20Penilaian%20Sikap%2C%20Keterampilan%20dan%20Pengetahuan%20XI%20AK%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/16/Lembar%20Penilaian%20Sikap%2C%20Keterampilan%20dan%20Pengetahuan%20XI%20AK%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/17/Lembar%20Penilaian%20Sikap%2C%20Keterampilan%20dan%20Pengetahuan%20XI%20AK%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/18/RPP%20Kas%20Kecil%20Metode%20Dana%20Tetap%20XI%20AK%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/19/RPP%20Kas%20Kecil%20Metode%20Dana%20Tetap%20XI%20AK%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/20/RPP%20Kas%20Kecil%20Metode%20Flutuasi%20XI%20AK%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/21/RPP%20Kas%20Kecil%20Metode%20Flutuasi%20XI%20AK%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/22/RPP%20Kas%20Kecil%20Metode%20Flutuasi%20XI%20AK%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/23/RPP%20Kas%20Kecil%20Metode%20Flutuasi%20XI%20AK%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/24/RPP%20Pemeriksaan%20Dana%20Kas%20Kecil%20XI%20AK%201.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/25/RPP%20Pemeriksaan%20Dana%20Kas%20Kecil%20XI%20AK%202.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/26/RPP%20Pemeriksaan%20Dana%20Kas%20Kecil%20XI%20AK%203.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/42966/27/Silabus%20Akuntansi%20Keuangan%20Kelas%20XI.pdf identifier: Karlina Faturokhmi, Karlina Faturokhmi (2014) LAPORAN INDIVIDUAL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.