TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/42945/ KW - kinerja KW - guru pendidikan jasmani KW - kompetensi profesional guru KW - sertifikasi Y1 - 2010/// PB - UNY A1 - Sujarwo, Sujarwo ID - UNY42945 TI - Perbandingan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Ditinjau dari Empat Kompetensi Profesional Guru Sebelum dan Sesudah Bersertifikasi di Kabupaten Bantul AV - public M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbandingan kinerja guru pendidikan jasmani sebelum dan sesudah sertifikasi di Kabupaten Bantul. Desain penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif untuk membandingkan kinerja guru pendidikan jasmani sebelum dan sesudah program sertifikasi guru dengan menggunakan instrumen berupa angket. Populasi penelitian ini adalah 100 guru pendidikan jasmani di Kabupaten Bantul yang sudah lolos sertifikasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis komparatif. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis deskripsi kinerja guru sebelum dan sesudah sertifikasi. Teknik statistik yang digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis komparatif k sampel berpasangan adalah teknik Friedman test dan Kendall?s W test, yaitu menguji apakah ada perbedaan kinerja guru sebelum dan sesudah sertifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Secara total mean empirik setelah sertifikasi (203,27) lebih tinggi dari mean empirik sebelum sertifikasi (187,86), sehingga secara umum telah ada peningkatan kinerja guru Penjaskes di Kabupaten Bantul setelah dilakukan sertifikasi; sedangkan dilihat dari distribusi frekuensinya, sebelum sertifikasi ada 54 subjek (77,14%) yang kinerjanya tinggi dan setelah sertifikasi ada 67 subjek (95,71%) yang kinerjanya tinggi, sehingga ada peningkatan kinerja sebesar 18,57%. Hasil pengukuran kinerja berdasarkan kompetensinya, diperoleh hasil sebagai berikut: kompetensi pedagogik ada peningkatan kinerja sebesar 20%; kompetensi kepribadian ada peningkatan sebesar 7,14%; kompetensi sosial ada peningkatan kinerja sebesar 14,28%; dan kompetensi profesional ada peningkatan kinerja sebesar 11,43%. (2) Hasil uji hipotesis dengan Kendall W Test diperoleh ?2 = 45,149 dengan p = 0,000< 0,05 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kinerja guru pendidikan jasmani sebelum dan sesudah sertifikasi di Kabupaten Bantul. Kesimpulannya kinerja guru pendidikan jasmani di Kabupaten Bantul sesudah sertifikasi lebih baik dibandingkan dengan sebelum bersertifikasi. ER -