@phdthesis{UNY42929, school = {PGSD}, year = {2016}, month = {October}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGLEMPONG SLEMAN YOGYAKARTA}, author = {Riana Rahmasari}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model problem based learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri Nglempong Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Nglempong, Ngaglik, Sleman dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data ysng digunakan adalah melalui tes, observasi,serta dokumentasi dengan instrument penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif sedangkan pendekatan penelitian dilakukan secara kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika hasil belajar siswa 75\% mencapai ? 65. Hasil nilai mata pelajaran IPA pada pra siklus ialah dari 24 siswa sebanyak 10 siswa masih memiliki nilai {$\leq$}65, 9 siswa mendapat nilai 65-75 dan baru 5 siswa yang mendapat nilai {\ensuremath{>}}75. Setelah siklus 1 hasil nilai mata pelajaran IPA meningkat menjadi 23 siswa yang memiliki nilai ?65 dan hanya satu siswa saja yang memiliki nilai {$\leq$}65. Dari 23 siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimal, 13 diantaranya sudah memiliki nilai {\ensuremath{>}}75. Sedangkan nilai performansi guru telah mencapai 88,75\% dan mencapai indikator keberhasilan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/42929/} }