eprintid: 42920
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 1230
dir: disk0/00/04/29/20
datestamp: 2016-10-28 01:39:10
lastmod: 2019-01-30 11:35:53
status_changed: 2016-10-28 01:39:10
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Anggun Kumalasari, Palupi
corp_creators: Rr. Indah Mustikawati, M.Si., Ak., CA.
title: PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA
TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1
TEMPELTAHUN AJARAN 2015/2016
ispublished: pub
subjects: A1
subjects: eko_akuntansi
divisions: fe_pend_akuntansi
full_text_status: public
keywords: Motivasi Belajar Akuntansi, Pemanfaatan Sumber Belajar, Persepsi Siswa
tentang Metode Mengajar Guru
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pemanfaatan Sumber
Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1
Tempel, (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap
Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel, (3)
Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar
Guru secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI
Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 96 siswa kelas XI Akuntansi di SMK
Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi
sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor.
Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Sumber
Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1
Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,461;
koefisien determinasi r2
x1y sebesar 0,212; dan thitung sebesar 25,353 lebih besar dari
ttabel sebesar 1,968, dan Y= 0,493X1 + 17,04 (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi
Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa
kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 dengan
koefisien korelasi rx2y sebesar 0,529; koefisien determinasi r2
x2y sebesar 0,28; dan
thitung sebesar 5,131 lebih besar dari ttabel sebesar 1,968 dan Y= 0,525X2 + 17,48 (3)
Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Sumber Belajar dan Persepsi Siswa tentang
Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi
siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 dengan
koefisien korelasi Ry(1,2) sebesar 0,65; koefisien determinasi R2
y(1,2) sebesar 0,423;
dan Fhitung sebesar 34,075 lebih besar dari Ftabel sebesar 19,48 dan Y= 0,41X1 +
0,462X2 + 12,493.
date: 2016
date_type: published
institution: Fakultas Ekonomi UNY
department: Pendidikan Akuntansi
thesis_type: skripsi
citation:   Anggun Kumalasari, Palupi  (2016) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMPELTAHUN AJARAN 2015/2016.  S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/42920/1/Skripsi_Palupi%20Anggun%20K.pdf