@phdthesis{UNY42915, year = {2013}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Heryunanto Atmojo Welly}, title = {HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PPL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMK NEGERI SE- KOTA YOGYAKARTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/42915/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang pembelajaran mahasiswa PPL terhadap motivasi belajar siswa, dan hubungan persepsi siswa tentang pembelajaran mahasiswa PPL terhadap hasil belajar siswa bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi di SMK Negeri se-kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif, karena data yang diperoleh dari lapangan dan penyajian datanya berupa angka/kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan angket, dokumentasi. Analisis data digunakan statistik inferensial karena dalam penelitian ini dimaksudkan untuk membuat kesimpulan yang berlaku untuk populasi. Statistik inferensial digunakan, juga karena penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis hubungan antara variabel. Subjek penelitian adalah seluruh siswa bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi di SMK Negeri se-kota Yogyakarta yang melakukan pembelajaran dengan mahasiswa PPL tahun 2013 yaitu: SMK N 2 Yogyakarta, SMK N 3 Yogyakarta, dan SMK N 7 Yogyakarta. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL terhadap motivasi belajar terdapat, dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,578; (2) Terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL terhadap hasil belajar, dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,133. Kata kunci : Persepsi siswa, pembelajaran mahasiswa PPL, motivasi belajar, hasil belajar} }