%0 Thesis %9 S2 %A Priyanto, Aris %B Program Pascasarjana %D 2010 %F UNY:42905 %I UNY %K peningkatan, hasil pembelajaran, lompat jauh, gaya menggantung, pendekatan permainan %T Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Pendekatan Permainan Pada Siswa SMAN 1 Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/42905/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan lompat jauh gaya menggantung melalui pendekatan permainan pada siswa SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Yogyakarta berjumlah 25 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Nopember sampai Desember 2010, pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi hasil belajar keterampilan lompat jauh gaya menggantung, (2) tes hasil prestasi lompat jauh gaya menggantung, (3) observasi kelas terhadap guru, (4) observasi terhadap situasi kelas, (5) observasi terhadap perilaku siswa, (6) tes pengetahuan, (7) angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan permainan dapat meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas X1 IPS SMAN 1 Yogyakarta. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 73,4 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 70,4. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78,8. Pada siklus II 100 % siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 untuk nilai keterampilan lompat jauh gaya menggantung Penjasorkes di SMAN 1 Yogyakarta.