@phdthesis{UNY42874, year = {2016}, author = {Hasna Ula Nur Azizah}, title = {PENGARUH CARA BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGEMPLAK}, school = {FIS}, abstract = {Cara belajar dan pergaulan teman sebaya merupakan dua faktor yang diduga berpengaruh terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar IPS. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar IPS, (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar IPS, dan (3) pengaruh cara belajar dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 1 Ngemplak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Ngemplak yang berjumlah 190 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik propotional random sampling didapat sampel 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan cara belajar terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan (?rx?\_1y) sebesar 0,566 dan nilai t\_hitung lebih besar dari t\_tabel (8,790 {\ensuremath{>}} 1,960). (2) terdapat pengaruh postif dan signifikan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan nilai (?rx?\_2y) 0, 438 dan nilai t\_hitung lebih besar dari t\_tabel (5,213 {\ensuremath{>}} 1,960). (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan cara belajar dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 1 Ngemplak yang ditunjukkan dengan hasil (?Rxy?\_((1,2))) sebesar 0,748 dan nilai F\_hitung lebih besar dari F\_tabel (61,885{\ensuremath{>}} 3,06). Sumbangan Relatif masing-masing variabel yaitu cara belajar 81,6\% dan pergaulan teman sebaya 18,4\% sedangkan Sumbangan Efektif masing-masing variabel cara belajar sebesar 39,2\% dan pergaulan teman sebaya sebesar 8,8\%. Kata kunci: cara belajar, pergaulan teman sebaya, prestasi belajar IPS.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/42874/} }