%T PENGEMBANGAN TEACHER’S GUIDE BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI %D 2016 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY %A Putri Aulia Ulul Azmi %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik produk Teacher’s Guide Book berbasis kontekstual untuk materi reaksi reduksi-oksidasi dan kualitasnya. Kualitas Teacher’s Guide Book dapat diketahui berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA ditinjau dari aspek materi/isi, penyajian, kelayakan bahasa, keterlaksanaan, dan tampilan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Produk Teacher’s Guide Book ditinjau serta mendapat masukan dan saran dari dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Produk kemudian dinilai oleh 5 guru kimia SMA sebagai reviewer. Kualitas produk Teacher’s Guide Book ditentukan oleh kualitas semua aspek penilaian dari reviewer menggunakan instrumen penilaian berupa angket dengan skala Likert. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk Teacher’s Guide Book berbasis kontekstual untuk materi reaksi reduksi-oksidasi yang berisikan perangkat pembelajaran untuk empat pertemuan pembelajaran beserta media pembelajaran yang digunakan. Masing-masing pertemuan pembelajaran memiliki tiga alternatif skenario pembelajaran. Teacher’s Guide Book berbasis kontekstual untuk materi reaksi reduksi-oksidasi yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik (SB). Dengan demikian buku ini layak digunakan sebagai buku pedoman guru kimia SMA/MA kelas X. Kata kunci: Teacher’s Guide Book, kontekstual, reduksi oksidasi %L UNY42852