TY - THES AV - restricted TI - PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SINDUADI 1 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN M1 - skripsi ID - UNY42844 UR - http://eprints.uny.ac.id/42844/ N2 - Penelitian ini bertujuan menerapkan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1, kecamatan Mlati, Kabupaten sleman. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1. Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, Lembar Observasi, dan Dokumentasi. Teknik pengambilan data untuk mengukur hasil belajar kognitif menggunakan tes hasil belajar. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas konstruk dan validitas isi dengan melakukan expert judgement dengan ahli yaitu dosen IPS dan guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 32,15% (9 siswa). Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 70,92 (belum mencapai KKM). Pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 17,85% (5 siswa). Rata-rata kelas pada siklus II adalah 79,00 (sudah mencapai KKM). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai dengan akhir siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching ini memberikan dampak positif, karena dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Kata kunci: model quantum teaching, hasil belajar, IPS Y1 - 2016/10/12/ PB - PGSD A1 - Susanto, Mery Aditaningrum Ramdhani ER -