%0 Thesis %9 S1 %A Habiby, Ma’shum %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:42842 %I PGSD %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI NUSAWUNGU 05 CILACAP %U http://eprints.uny.ac.id/42842/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas III SD Negeri Nusawungu 05 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Nusawungu 05 Cilacap yang berjumlah 11 siswa terdiri dari 7 siswa putri dan 4 siswa putra. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan metode eksperimen dengan langkah-langkah: menyiapkan ruang, memberikan materi yang akan dieksperimen, memperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan, melaksanakan eksperimen yang dimulai dengan menjelaskan secara singkat teori, dalil, rumus, mekanisme kerja, proses yang akan dibuktikan melalui eksperimen, mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan menunjukkan hasil temuan eksperimen dan membuat kesimpulan. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dari hasil prestasi belajar pra tindakan sebesar 53,63 menjadi 68,72 pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 79,63 pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar, metode eksperimen, siswa kelas III.