%X Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal melalui metode role playing pada anak kelas IIIB SD Negeri 2 Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri 2 Gombong yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan komunikasi interpersonal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi. Teknik analisis data hasil skala komunikasi interpersonal dan data hasil observasi dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Tindakan pembelajaran siklus I role playing siswa berdasarkan naskah drama. Siswa tidak mengalami kendala dalam bermain peran, siswa mulai terlihat lebih akrab dan komunikatif dengan teman kelompoknya. Tindakan role playing siklus II berdasarkan naskah drama yang sama namun perannya diubah. Siklus II lebih difokuskan pada aspek kesetaraan (menempatkan diri setara dengan orang lain) yang masih kurang. Pembelajaran kemampuan komunikasi interpersonal melalui metode role playing menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil skala kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Peningkatan terjadi yaitu, (1) skor pre-test siswa 68 (rendah), (2) skor post-test I 84,5 (sedang), (3) skor post-test II 109 (tinggi). Dapat disimpulkan bahwa role playing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal anak di SD Negeri 2 Gombong. Kata kunci : komunikasi interpersonal, role playing. %A Indha Indha Rachmawati Sufis %L UNY42819 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %T MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA ANAK DI SD NEGERI 2 GOMBONG