%0 Thesis %9 S1 %A Dhea Eka Dewanti, Dhea %B Psikologi Pendidikan dan Bimbingan %D 2016 %F UNY:42804 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T TINGKAT STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BIDIKMISI DAN NON BIDIKMISI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVESITAS NEGERI YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/42804/ %X Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan stres akademik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres akademik pada mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif jenis komparasi. Teknik sampling mengunakan simple random sampling terhadap mahasiswa yang berusia antara 19-21 tahun yaitu 52 mahasiswa bidikmisi dan 125 mahasiswa non bidikmisi. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala stres akademik. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi melalui uji ahli, Sedangkan reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien alpha sebesar 0,850. Analisis data menggunakan teknik statistik uji-t. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak ada perbedaan tingkat stres akademik antara mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi (t=0,566, p=0,72). Tidak adanya perbedaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya : stressor akademik eksternal dan internal, respon stres dan coping stres. Hasil penelitian lain menunjukan tingkat stres akademik pada mahasiswa bidikmisi yaitu tinggi 15 %, sedang 65% dan rendah 19%. Tingkat stres akademik pada mahasiswa non bidikmisi yaitu tinggi 16%, sedang 69% dan rendah 15%. Kata kunci : tingkat stres akademik, mahasiswa bidikmisi, mahasiswa non bidikmisi.