%A Khoirul Huda %D 2016 %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendapatkan cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang konservasi lingkungan dalam pembelajaran geografi di kelas X IPS 2 SMA N 1 Kota Mungkid 2) Meningkatkan pemahaman tentang konservasi lingkungan melalui penerapapan metode problem-based learning dalam pembelajaran geografi pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terlaksana dalam dua siklus. Setiap siklus ditempuh selama 3 x 45 menit. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Februari 2015. Obyek penelitian ini adalah proses pembelajaran geografi dengan materi konservasi lingkungan. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan problem-based learning dan outdoor study dapat meningkatkan pemahaman tentang konservasi pada siswa, yang dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase pencapaian KKM pada siklus I sebesar 68%, meningkat menjadi 71% pada siklus II. Kata kunci : peningkatan pemahaman, konservasi, pembelajaran geografi %T Peningkatan Pemahaman Tentang Konservasi Lingkungan dalam Pembelajaran Geografi di SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang %L UNY42793 %I FIS