TY - THES A1 - Chusna, Frida Amri PB - PGSD Y1 - 2016/10/11/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo serta kendala guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Pendekatan kualitatif berlandaskan pada fenomenologi. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikkan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan guru melakukan enam upaya mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) guru memastikan kesiapan siswa untuk belajar matematika (2) pemakaian media pembelajaran berupa alat peraga yang terkait materi ajar (3) permasalahan yang diberikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (4) tingkat kesulitan soal sesuai kemampuan siswa (5) memberi kebebasan siswa untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan caranya (6) menghilangkan rasa takut siswa. Adapun kendala guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa meliputi kondisi fisik, lingkungan, motivasi & sikap, dan psikologis. Kata kunci: upaya guru, kendala guru, SD Negeri 1 Pangenrejo UR - http://eprints.uny.ac.id/42790/ TI - UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANGENREJO KECAMATAN PURWOREJO, KABUPATEN PURWOREJO AV - restricted ID - UNY42790 M1 - skripsi ER -