%D 2016 %I PGSD %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYINGPADA SISWA KELAS VSD NEGERI DARATAN, MINGGIR, SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 %A Defit Christiyana Isabetty %X Penelitian ini bertujuan untuk 1)meningkatkan proses pembelajaran, dan 2) meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Daratan, Sendangarum, Minggir, Sleman Tahun Pelajaran 2016/2017 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Daratan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 12 siswa, yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Desain penulisan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri Daratan, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa mudah memahami pelajaran IPS. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 6,67 yang kondisi awal 63,75 meningkat menjadi 70,42, dan pada siklus II meningkat sebesar 12,92 yang kondisi awal 63,75 meningkat menjadi 76,67. Kata Kunci:hasilbelajar, Metode role playing, kelas V SD %L UNY42775