%I PGSD %D 2016 %T HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS CEMPAKA KECAMATAN KEBONARUM KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif IPA dan hubungan motivasi belajar dengan tanggung jawab belajar pada siswa kelas IV SD Gugus Cempaka Kebonarum Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa memiliki motivasi belajar dan tanggung jawab belajar yang berbeda-beda sehingga berdampak pada hasil belajar kognitif IPA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah expost facto. Variabel bebas dalam penelitian ini motivasi belajar sedangkan variabel terikatnya hasil belajar kognitif IPA dan tanggung jawab belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 115 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen angket untuk mengukur motivasi belajar dan tanggung jawab belajar. Data hasil belajar kognitif IPA diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil perhitungan analisis uji product moment (X terhadap Y1) diperoleh rhitung sebesar 0,279 dengan nilai rtabel 0,176 (rhitung > rtabel ) dan hasil perhitungan analisis uji product moment (X terhadap Y2) diperoleh rhitung sebesar 0,260 dengan nilai rtabel 0,176 (rhitung > rtabel ). Perhitungan koefisien korelasi antara kedua hubungan variabel menunjukkan hubungan tersebut masuk kategori rendah. Kesimpulan penelitian bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD se-Gugus Cempaka Kabupaten Klaten dan ada hubungan yang positif motivasi belajar dengan tanggung jawab belajar siswa kelas IV SD se-Gugus Cempaka Kabupaten Klaten. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar kognitif IPA, tanggung jawab belajar %A Boma Widhi Nugroho %L UNY42766