%0 Thesis %9 S1 %A Lilik Muhibah, Lilik %A Dr. Suroso, %A Ary Kristiyani, M.Hum, %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2016 %F UNY:42742 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEEFEKTIFAN METODE KELOMPOK BERBANTUAN INDIVIDU (TEAM-ASSITED IINDIVIDUALIZATION) PADA PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/42742/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan metode team-assisted individualization dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan metode konvensional. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan metode team-assisted individualization dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini merupakan rancangan eksperimen yang digunakan adalah Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tempel, Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah klaster. Teknik pengambilan sampel klaster dilakukan dengan mengambil beberapa klaster yang ada di populasi. Dari klaster yang diambil, barulah responden diambil. Kelas X PM 1 terpilih sebagai kelompok kontrol dan kelas X AK 1 terpilih sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan tes awal dan tes akhir. Validitas instrumen dalam penelitian ini dengan berkonsultasi kepada dosen pembimbing dan guru bahasa Indonesia selaku ahli dalam pembelajaran di sekolah. Simpulan penelitian adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan metode team-assisted individuaizationl dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan metode konvensional; (2) metode team-assisted individualization efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tempel, Sleman. Kesimpulan pertama berdasarkan hasil analisis uji-t data tes awal kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 43,063 dengan nilai p sebesar 0,000 (p <0,05). Kesimpulan kedua berdasarkan hasil analisis uji-t data tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 37,576 dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05).