@phdthesis{UNY42739, school = {Fakultas Teknik}, title = {ANALISIS KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN PENGOLAHAN ANGKA DENGAN MICROSOFT EXCEL 2007 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 1 NGAGLIK}, author = {Vivianti Vivianti}, year = {2012}, url = {http://eprints.uny.ac.id/42739/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat modul pembelajaran pengolahan angka dengan Microsoft Excel 2007 sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Ngaglik; (2) Menghasilkan modul pembelajaran pengolahan angka dengan Microsoft Excel 2007 yang layak sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Ngaglik Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Brog \& Gall. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa modul pembelajaran pengolahan angka dengan Microsoft Excel 2007 untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian dilakukan hingga tahap uji coba skala kecil untuk menentukan kelayakan modul. Subyek penelitian pada uji coba lapangan skala kecil sebanyak 12 siswa dan Penentuan kelayakan dilakukan dalam validasi ahli dan uji coba lapangan skala kecil dengan menggunakan angket. Menurut penilaian ahli, 100\% ahli menilai bahwa modul termasuk kategori sangat layak, sedangkan menurut hasil uji coba lapangan skala kecil, 75\% siswa menilai modul termasuk kategori sangat layak dan 25\% siswa menilai modul termasuk kategori layak. Dari pengujian tersebut dapat diartikan bahwa modul pembelajaran mengolah angka dengan Microsoft Excel 2007 layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngaglik. Kata kunci : Modul Pembelajaran, Kelayakan} }