TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan metode sugestopedia dalam pembelajaran menuliscerpen pada peserta didik kelas X MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan (2) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen pada peserta didik kelas X MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang diberi perlakuan metode sugestopediapada pembelajaran menulis cerpen dengan peserta didik kelas X yang diberikan perlakuan tanpa menggunakan metode sugestopedia. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen kuasi. Desain yang dilakukan dalam penelitian eksperimen adalah prates pascates dengan kelompok kontrol. Variabel dari penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode sugestopedia dan variabel terikat yaitu pembelajaran menulis cerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu prates dan pascates menulis cerpen. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas untuk menunjukkan bahwa skor prates maupun pascates berdistribusi. Hasil penelitian keefektifan metode sugestopedia ditunjukkan dari hasil uji-t prates dan pascates kelompok eksperimen, diperoleh thitunglebih besar daripada ttabel(thitung 6,651> ttabel 2,02) df 40 dan P sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Kenaikan skor rerata kelompok eksperimen jauh lebih besar yaitu 2,37 daripada kelompok kontrol yaitu 0,92 sehingga metode sugestopedia efektif untuk pembelajaran menulis cerpen pada peserta didik kelas X MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Adanya perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan pada peserta didik kelas X MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta antara yang diberi perlakuan metode sugestopediapada pembelajaran menulis cerpen dengan peserta didik kelas X yang diberikan perlakuan tanpa menggunakan metode sugestopedia. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data pascates kemampuan menulis cerpen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitunglebih besar daripada ttabel(thitung 8,198> ttabel1,67) df 77 dan P sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). ID - UNY42735 PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Amalia Ulinnuha, Lia Y1 - 2016/10/24/ TI - KEEFEKTIFAN METODE SUGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA MUALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/42735/ AV - public ER -