eprintid: 42729 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1280 dir: disk0/00/04/27/29 datestamp: 2016-10-25 01:11:49 lastmod: 2019-01-30 11:28:01 status_changed: 2016-10-25 01:11:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vika, Dian Lestari title: PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK N 6 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_busana full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)pelaksanaan pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, 2) besarnya peningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran membuat pola rok di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian adalah 35 siswa pada kelas X Busana Butik 2. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, lembar unjuk kerja dan angket. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert),seperti ahli model pembelajaran, ahli materi dan guru mata diklat membuat pola. Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0,938 untuk penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:1) pelaksanaan pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dilaksanakan dengan langkah-langkah(a)pendahuluan: salam, presensi, apersepsi, dan motivasi,(b) inti:tujuan,membagi handout dan jobsheed,pembelajaran tipe jigsaw,tugas,evaluasi dan tes,(c)refleksi; keterlaksanaan pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menurut pendapat observer sudah terlaksana dengan sangat baik dengan presentase Siklus I 83%,dan Siklus II 100%; menurut pendapat siswa pembelajaran dengan metode ini membuat siswa merasa senang terbukti terdapat 32 siswa (91%) tergolong senang, 3 siswa (9%) tergolong cukup senang dan 0 siswa atau (0%) tergolong tidak senang; dan menurut pendapat guru, guru merasa tertarik,mendapat pengalaman baru,materi yang disampaikan lebih mudah,melatih tanggung jawab siswa,meningkatkan keberanian dan tujuan pembelajaran dapat tercapai;2)kompetensi membuat macam-macam pola rok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan: terbukti dari nilai rata-rata yang dicapai pra siklus 66,37, siklus I 76,86, dan meningkat menjadi 88,63 pada siklus II. Dalam pembelajaran membuat pola rok menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat mememudahkan siswa memahami materi serta adanya peningkatan kompetensi yang dibuktikan dengan tidak ada siswa yang memperoleh nilai <75 membuat pola rok. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran membuat pola. Kata Kunci : kompetensi,membuat pola rok,pembelajaran kooperatif tipe jigsaw date: 2012-10 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: Pendidikan Teknik Busana thesis_type: skripsi citation: Vika, Dian Lestari (2012) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT MACAM-MACAM POLA ROK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42729/1/Vika%20Dian%20Lestari%2007513241018.pdf