<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN"^^ . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN\r\nOleh :\r\nVeronica Harjanti\r\nNIM 10513244002\r\nABSTRAK\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengembangkan media kamus\r\nistilah bagian-bagian busana untuk mata pelajaran Dasar Desain, (2) megetahui\r\nkelayakan kamus istilah bagian-bagian busana sebagai media untuk mata\r\npelajaran Dasar Desain siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten\r\nPengembangan kamus istilah bagian-bagian busana menggunakan\r\npenelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan\r\nadalah model Borg and Gall yang dimodifikasi dari tim Puslitjaknov, meliputi\r\ntahap : 1) analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan\r\nrevisi, 4) Uji kelompok kecil dan revisi, 5) uji lapangan dan produk akhir. Tahap\r\nvalidasi dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Uji kelompok\r\nkecil dilakukan 5 orang siswa dan uji lapangan dilakukan pada 25 siswa. Metode\r\npengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket.\r\nTeknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.\r\nHasil penelitian pengembangan kamus istilah bagian-bagian busana pada\r\nmata pelajaran Dasar Desain adalah : 1) mengembangkan media dengan tahap :\r\na) analisis produk dengan cara mengkaji kurikulum serta observasi dan\r\nwawancara, b) mengembangkan produk awal dengan cara menetapkan tujuan\r\npembelajaran, membuat kerangka kamus, dan mengembangkan materi istilah\r\nbagian-bagian busana, c) validasi ahli dan revisi dilakukan dengan meminta\r\nbantuan 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, d) uji kelompok kecil dan\r\nrevisi dengan cara kamus istilah bagian-bagian busana diujikan pada 5 orang\r\nsiswa dan direvisi sesuai saran, e) uji coba kelompok skala besar dilakukan pada\r\n25 orang siswa dan menghasilkan produk akhir berupa kamus istilah bagianbagian\r\nbusana. 2) kelayakan kamus berdasarkan hasil validasi ahli menyatakan\r\nmedia kamus istilah bagian-bagian busana “layak” digunakan penelitian dengan\r\npersentase hasil kelayakan 100%. Hasil uji coba skala besar keterbacaan media\r\nkamus istilah bagian-bagian busana menyatakan “sangat layak” dengan\r\npersentase keseluruhan 89,24 %. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat\r\ndisimpulkan media kamus istilah bagian-bagian busana dapat digunakan sebagai\r\nmedia untuk mata pelajaran Dasar Desain siswa kelas X SMK Negeri 3 Klaten.\r\nKata kunci : kamus, Istilah, bagian busana"^^ . "2016-10-25" . . . "UNY"^^ . . . "Fakultas Teknik, UNY"^^ . . . . . . . . . "Veronika"^^ . "Harjanti"^^ . "Veronika Harjanti"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Text)"^^ . . . "Veronica Harjanti - 10513244002.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA\r\nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X\r\nDI SMK NEGERI 3 KLATEN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #42727 \n\nPENGEMBANGAN KAMUS ISTILAH BAGIAN-BAGIAN BUSANA \nUNTUK MATA PELAJARAN DASAR DESAIN SISWA KELAS X \nDI SMK NEGERI 3 KLATEN\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Boga dan Busana" . .