TY - THES A1 - Atmojo, Harianto PB - Fakultas Ekonomi N2 - Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Klaten tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu observasi dan angket dimana data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis kualitatif tersebut kemudian dilengkapi dengan analisis statistic deskriptif untuk menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Aktivitas Belajar kelas X AK 2 dari 71,79% pada siklus pertama dan mencapai 81,35% pada siklus kedua. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan Aktivitas Belajar siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Klaten secara klasikal tanpa dominasi dari beberapa siswa saja. Y1 - 2016/10/24/ UR - http://eprints.uny.ac.id/42703/ ID - UNY42703 M1 - skripsi KW - pembelajaran kooperatif KW - Jigsaw KW - aktivitas KW - aktivitas belajar AV - public TI - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 1 DI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016 ER -