eprintid: 42654 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/26/54 datestamp: 2016-10-24 00:48:38 lastmod: 2019-10-01 11:54:24 status_changed: 2016-10-24 00:48:38 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: : Arizqi Nurhamsyah, : Arizqi Nurhamsyah title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Kependidikan, SMK Negeri 4 Klaten abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa agar dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL ini yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 di SMK Negeri 4 Klaten yang terletak di Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Mahasiswa praktikan memperoleh tugas agar mempersiapkan praktik mengajar di dalam kelas yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu oleh guru pembimbing masing-masing. Guru pembimbing memberikan kesempatan dan kebebasan penuh terhadap mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, penyusunan silabus, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 6 kali tatap muka per minggu selama 6 minggu dengan 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan mengampu 3 kelas yaitu kelas X AP 1, X AP 2, dan X AP 3 dengan mata pelajaran yang diampu adalah Otomatisasi Perkantoran. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten ini dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan. date: 2014 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: : Arizqi Nurhamsyah, : Arizqi Nurhamsyah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/1/Untitled-3.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/2/Untitled-4.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/3/Untitled-5.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/4/Untitled-6.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/5/Untitled-7.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/6/Untitled-8.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/7/DOKUMENTASI%20KEGIATAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/8/ISI%20pdf.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/9/LAMPIRAN%20PNW%20%281%29.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/42654/10/LEMBAR%20AWAL%20pdf.pdf