TY - THES ID - UNY42623 N2 - Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan awal pada pembelajaran pengenalan piranti menjahit dalam kegiatan ekstrakurikuler menjahit di SMP N 3 Pajangan, (2) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan inti, (3) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan akhir, dan (4) mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang piranti menjahit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menjahit di SMP N 3 Pajangan yang terdiri dari kelas VII dan VIII berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, dan tes. Uji validitas menggunakan validitas konstruk untuk lembar observasi dan panduan wawancara, dan validitas isi untuk tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan awal 87,5% terlaksana (2) pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan inti 88,9% terlaksana (3) pelaksanaan pembelajaran ditinjau kegiatan akhir 50% terlaksana, (4) tingkat pengetahuan siswa tentang materi piranti menjahit dalam kategori sangat tinggi, dengan nilai mean adalah 86,6. Kata kunci: ekstrakurikuler, kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir. A1 - Umi Nurul, Muslimah PB - Fakultas Teknik Y1 - 2014/// UR - http://eprints.uny.ac.id/42623/ AV - public M1 - skripsi TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGENALAN PIRANTI MENJAHIT DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENJAHIT DI SMP N 3 PAJANGAN ER -