%T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2007 PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU ALAM SMA NEGERI 2 REMBANG %D 2012 %I UNY %L UNY4262 %A Wahdah Annisa Kharisma %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar Microsoft Excel 2007 siswa kelas XI jurusan ilmu alam di SMA Negeri 2 Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IA 2 dan XI IA 3 SMA Negeri 2 Rembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya yaitu menggunakan Independent Sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas model Problem Based Learning memiliki indeks normalized gain sebesar 0,55; efektivitas model pembelajaran konvensional memiliki indeks normalized gain sebesar 0,39 dan masuk pada kriteria yang sama yaitu pada kriteria efektivitas yang sedang tetapi jika dihitung berdasarkan nilai gain, peningkatan hasil belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan berdasarkan dari hasil uji t menggunakan nilai Gain, maka diperoleh thitung > ttabel (2,865 > 1,669) dengan nilai p= 0,006 atau p < 0,05.