%D 2013
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%L UNY42583
%T EFEKTIVITAS PENERAPAN KELAS BERPINDAH (MOVING CLASS)
DI SMK NEGERI 2 PENGASIH
%A Triyono Triyono
%X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui tingkat efektivitas
kelas berpindah (moving class) yang diterapkan di SMK Negeri 2 Pengasih.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas kepala SMK, guru mata
pelajaran produktif, guru mata pelajaran normatif-adaptif, siswa kelas XI dan
siswa kelas XII. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode
angket, wawancara dan dokumentasi. Validasi instrumen penelitian diujikan
kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstrak, yakni dengan menguji
instrumen di lapangan. Reliabilitas instrumen penelitian diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan
didalam penelitian adalah statistik deskriptif dengan bantuan komputer
menggunakan program SPSS 20 for Windows.
Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan efektivitas penerapan kelas
berpindah (moving class) di SMK Negeri 2 Pengasih telah memenuhi kategori
cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase sebesar 73,33%.
Kata kunci: efektivitas, kelas berpidah