%0 Thesis
%9 S1
%A Triyono, Triyono
%B Fakultas Teknik
%D 2013
%F UNY:42583
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T EFEKTIVITAS PENERAPAN KELAS BERPINDAH (MOVING CLASS)  DI SMK NEGERI 2 PENGASIH
%U http://eprints.uny.ac.id/42583/
%X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui tingkat efektivitas  kelas berpindah (moving class) yang diterapkan di SMK Negeri 2 Pengasih.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas kepala SMK, guru mata  pelajaran produktif, guru mata pelajaran normatif-adaptif, siswa kelas XI dan  siswa kelas XII. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode  angket, wawancara dan dokumentasi. Validasi instrumen penelitian diujikan  kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstrak, yakni dengan menguji  instrumen di lapangan. Reliabilitas instrumen penelitian diuji dengan  menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan  didalam penelitian adalah statistik deskriptif dengan bantuan komputer  menggunakan program SPSS 20 for Windows.  Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan efektivitas penerapan kelas  berpindah (moving class) di SMK Negeri 2 Pengasih telah memenuhi kategori  cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase sebesar 73,33%.  Kata kunci: efektivitas, kelas berpidah