%I Pendidikan Seni Kerajinan %D 2016 %T PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK ANAK TUNAGRAHITA PROGRAM BIMBINGAN A DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA “KARTINI” TEMANGGUNG JAWA TENGAH %A Pingki Tantri Novita %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan batik anak tunagrahita pada program bimbingan A di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita “Kartini”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan data hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa:1) Perencanaan pembelajaran keterampilan batik dimulai dengan penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembimbingan (RPP) dengan masing-masing standar kompetensi dan kompetensi dasar berdasarkan acuan kurikulum bimbingan. 2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sesuai silabus dan RPP yang telah dibuat oleh pembimbing. Pembimbing menggunakan pendekatan individual dengan strategi ajar latih ulang serta menggunakan berbagai metode pembelajaran, yaitu metode ceramah, penjelasan berperaga, simulasi, demonstrasi serta penugasan pada saat kegiatan belajar mengajar. 3) Hasil evaluasi pembelajaran batik dapat diketahui bahwa nilai penguasaan kemampuan teori dan praktik semua peserta didik telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. 4) Hasil karya peserta didik pada berupa alas/taplak meja batik dengan teknik ciprat dan jumputan. 5) Kendala yang dihadapi pada saat proses pembelajaran berasal dari faktor peserta didik dan pembimbing. %L UNY42579