TY - THES AV - public A1 - ARCIKA, NASZA TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KEUANGAN ANAK PADA KOMPETENSI KEBUTUHAN DAN KEINGINAN DI GEDONGAN PURBAYAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2015 PB - Fakultas Ekonomi UNY Y1 - 2016/// KW - Pendidikan Pengelolaan Keuangan KW - Quantum Teaching KW - Pengetahuan Keuangan KW - Keterampilan Keuangan ID - UNY42550 UR - http://eprints.uny.ac.id/42550/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keuangan pada kompetensi kebutuhan dan keuangan untuk anak-anak di wilayah Gedongan, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta tahun 2015 melalui pendidikan pengelolaan keuangan dengan model quantum teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengadaptasi siklus model spiral dari Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah anggota aktif kelompok pengajian anak di wilayah Gedongan, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Obyek dari penelitian ini adalah pengetahuan dan keterampilan keuangan anak pada kompetensi kebutuhan dan keinginan melalui implementasi pendidikan pengelolaan keuangan dengan model quantum teaching di Gedongan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan pegetahuan dan keterampilan keuangan anak pada kompetensi kebutuhan dan keinginan di Gedongan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pendidikan pengelolaan keuangan dengan model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keuangan anak pada kompetensi kebutuhan dan keinginan di Gedongan, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta tahun 2015. Pengetahuan keuangan pada siklus I jumlah peserta didik yang meningkat nilai post-testnya jika dibandingkan dengan pre-test sebanyak 29 peserta didik atau 72,5% dengan rata-rata post-test 7,375, sedangkan pada siklus II sebanyak 32 peserta didik atau 80%, dengan rata-rata post-test 8,2. Keterampilan keuangan menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai 75% dari indikator yang ditetapkan pada siklus I sebanyak 31 peserta didik atau 77,5%, sedangkan pada siklus II sebanyak 36 peserta didik atau 90%. M1 - skripsi ER -