TY - GEN UR - http://eprints.uny.ac.id/42489/ AV - public TI - PENGEMBANGAN DESAIN MEREK PRODUK KERAJINAN BAGI UKM UNTUK PERCEPATAN PEROLEHAN HKI DI KULON PROGO KW - sosialisasi KW - workshop KW - pengembangan merek usaha KW - HAKI Y1 - 2014/// A1 - Kasiyan, M.Hum. A1 - Sri, Atun, Ph.D A1 - B Muria, Zuhdi N1 - Laporan Akhir PPM Pusat Studi 2014 N2 - Tujuan dari program kegiatan ini adalah pemberian sosialisasi dan workshop bagi UKM yang ada di sentra industri kerajinan di Kulon Progo, Yogyakarta, terutama terkait dengan: 1) pemahaman tentang pentingnya merk dan atau logo produk kerajinan beserta cara pengembangannya, dan 2) memotivasi pengusaha/UKM untuk melindungi inovasi produk hasil temuannya dalam bentuk HAKI. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan workshop ini diikuti oleh 26 orang perajin atau pelaku industri dari UKM yang ada di Desa Kanoman, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Tempat pelaksanaan kegiatan ini di Kantor Balai Desa Kanoman, pada hari Minggu tanggal 7 September 2014, yang dilanjutkan dengan workshop dan konsultasi atau tutorial selama 2 minggu (mulai tanggal 8-22 September 2014). Metode dan pola pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi dan workshop ini adalah dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tutorial atau konsultasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan workshop ini adalah sebagai berikut. Pertama, semua peserta kegiatan sosialisasi dan workshop kegiatan ini sangat antusias, bersemangat, dan mempunyai motivasi yang tinggi mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. Kedua, pemahaman masyarakat pelaku UKM terkait dengan merek dan pentingnya pemilikan HAKI bagi merek usahanya semakin meningkat. Kegiatan sosialisasi dan workshop ini penting untuk pengembangan usaha atau industr ibagi UKM di masyarakat, khususnya di Kulon progo, oleh karena itu kiranya perlu untuk dapat dilaksanakan kembali dan lebih ditingkatkan pada masa mendatang. ID - UNY42489 ER -