TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/42488/ M1 - disertasi ID - UNY42488 TI - Pengembangan Model Akreditasi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). AV - public KW - model akreditasi KW - instrumen akreditasi KW - dan prosedur akreditasi. A1 - Marjuki, Marjuki PB - UNY N2 - Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan model akreditasi SMA/MA yang efektif, efisien, dan akuntabel, dan (2) menilai keefektifan model akreditasi SMA/MA yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Pengembangan model dilakukan melalui kegiatan focus group discussion (FGD). Validasi instrumen dilakukan oleh pakar, sedangkan validasi prosedur dilakukan oleh peserta FGD. Validitas isi instrumen ditentukan dengan cara menghitung indeks koefisien Aiken?s V, sedangkan estimasi reliabilitas instrumen ditentukan dengan teknik intraclass correlation coefficient (ICC) menggunakan SPSS. Validasi prosedur dilakukan dengan cara menghitung rerata skor hasil penilaian peserta FGD. Uji coba dilakukan untuk mengetahui keefektifan model yang dikembangkan. Subjek coba berasal dari 6 SMA berjumlah 42 orang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi. Keefektifan model ditentukan dengan cara menghitung rerata skor hasil penilaian praktisi. Hasil pengembangan diperoleh model akreditasi SMA/MA yang diberi nama model akreditasi SMART. Kesimpulan tentang model akreditasi SMART sebagai berikut: (1) memiliki karakteristik sebagai model akreditasi SMA/MA yang efektif, efisien, dan akuntabel; (2) instrumen yang digunakan memiliki validitas isi sebesar 0,81 dan termasuk kategori sangat baik dan reliabilitas sebesar 0,75 dan termasuk kategori baik; (3) prosedur yang digunakan memiliki validitas sebesar 3,16 dan termasuk kategori baik; dan (4) keefektifan model sebesar 3,40 dan termasuk kategori baik dan dapat digunakan. Y1 - 2016/08/31/ ER -