eprintid: 42484 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/04/24/84 datestamp: 2016-10-19 00:41:46 lastmod: 2019-01-30 11:22:33 status_changed: 2016-10-19 00:41:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Majda, Alikul corp_creators: Agus Sudarsono title: [Ringkasan Skripsi] Implementasi Metode Pair Check untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII B SMP Negeri 2 Depok ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya kerja sama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dengan menggunakan metode Pair Check. (2) peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dengan menggunakan metode Pair Check. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen angket divalidasi dengan expert judgement dan reliabilitas angket dihitung dengan metode belah dua (Split Half Method). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Cara meningkatkan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Negeri 2 Depok dapat dilakukan dengan menggunakan metode Pair Check disertai dengan beberapa upaya, yaitu memberikan handout materi kepada setiap kelompok sebagai bahan untuk diskusi, memberikan tugas kelompok untuk membuat sejumlah pertanyaan dan jawaban, mengarahkan siswa untuk berdiskusi menyelesaikan tugas dan berbagi peran dalam kelompok, selanjutnya siswa bekerja secara berpasangan untuk melakukan sesi tanya jawab. (2) Penggunaan metode Pair Check dapat meningkatkan kerja sama siswa, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil angket menunjukkan peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Peningkatan kerja sama siswa dapat dilihat dari rata-rata persentase seluruh indikator kerja sama siswa pada siklus I sebesar 71% menjadi 78% pada siklus II. Peningkatan kerja sama siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu ≥76%, sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kata kunci: Metode Pair Check dan Kerja sama siswa date: 2016 date_type: published institution: FIS department: Pendidikan IPS thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php citation: Majda, Alikul (2016) [Ringkasan Skripsi] Implementasi Metode Pair Check untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII B SMP Negeri 2 Depok. S1 thesis, FIS. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42484/1/Ringkasan%20Skripsi%2012416241030.swf