TY - THES M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional sebab-akibat dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa pengurus OSIS SMP N 4 Gamping periode 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner diuji validitas oleh ahli (expert judgment) yaitu satu orang dosen dari Jurusan Pendidikan IPS FIS UNY. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda 2 prediktor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hipotesis pertama ditolak sehingga tidak terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dalam OSIS (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y), penyebab tidak terdapatnya pengaruh kemungkinan besar karena siswa yang terlampau aktif dalam OSIS justru akan dapat mengganggu waktu belajarnya. (2) Hipotesis kedua diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y), terdapat kecenderungan semakin tinggi pemanfaatan fasilitas belajar di rumah maka semakin baik prestasi belajar siswa tersebut, sebaliknya semakin rendah pemanfaatan fasilitas belajar di rumah, semakin buruk prestasi belajar siswa tersebut. (3) Hipotesis ketiga diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan antara keaktifan siswaa dalam OSIS dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Keaktifan siswa, OSIS, fasilitas belajar, prestasi belajar UR - http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php ID - UNY42482 Y1 - 2016/// AV - public PB - FIS TI - [Ringkasan Skripsi] Pengaruh Keaktifan Siswa dalam OSIS dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Gamping Tahun Ajaran 2015/2016 A1 - Waluyo, Tectona Hangger ER -