TY - THES PB - FIS TI - [Ringkasan Skripsi] PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PERSEPSI TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN DI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA A1 - Untoro, Joko AV - public ID - UNY42480 Y1 - 2016/// UR - http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa dan persepsi tentang lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta Jenis penelitian ini adalah expost-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan melibatkan seluruh siswa (86 siswa) kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta sebagai objek penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu, dan teknik dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis sederhana dan analisis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel (6,248>2,000). (2) Ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Ini dibuktikan dengan nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel (4,628>2,000). (3) Ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar siswa dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Yang dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (23,503>3,11). Sementara itu, untuk sumbangan efektif variabel minat belajar siswa dan lingkungan sekolah, secara bersama-sama mampu menyumbang pengaruh sebesar 35,9% terhadap hasil belajar PKn. Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar ER -