TY - THES Y1 - 2016/08// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih mendalam tentang implementasi kebijakan pemenuhan jam mengajar guru sertifikasi di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, pendapat guru sertifikasi, faktor penghambat, faktor pendukung dan solusi pemenuhan jam mengajar guru sertifikasi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian yang meliputi guru sertifikasi, kepala sekolah dan dinas pendidikan yang menangani sertifikasi guru. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles &Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru sertifikasi di SMK Negeri 2 Depok Sleman dalam pemenuhan jam mengajar guru mampu memenuhi jumlah jam sesuai jumlah rombongan belajar dan daya tampung guru yang mencukupi; (2) Pemenuhan jam mengajar guru yang kurang memenuhi guru mencari di sekolah lain serta mendapat tugas khusus yang sesuai dengan ketentuan PP 74 tahun 2008 dan Permendiknas No. 30 tahun 2009; (3) Faktor pendukung pemenuhan jam mengajar di sekolah berupa jumlah guru yang mencukupi, jumlah rombel yang cukup serta tugas tambahan khusus sesuai ketentuan PP 74 tahun 2008 dan Permendiknas No. 30 tahun 2009; (4) Faktor penghambat berupa jumlah guru yang sedikit, jumlah rombongan belajar juga tidak memenuhi dan jarak satu sekolah satu dengan yang lain yang cukup jauh sehingga tenaga, waktu dan biaya yang lebih; (5) Solusi mengatasi pemenuhan jam mengajar dengan meningkatkan jumlah guru serta memperbanyak jumlah rombongan belajar perkelasnya. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Sertifikasi Guru, Pemenuhan Jam Mengajar Guru Sertifikasi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Nurdiansah, Wakit TI - IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMENUHAN JAM MENGAJAR GURU SERTIFIKASI DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY42466 UR - http://eprints.uny.ac.id/42466/ ER -