%T PEMBELAJARAN MELUKIS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN BANTUL %D 2016 %I Fakultas Bahasa dan Seni %L UNY42458 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran melukis dan hasil karya lukisan peserta didik Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran melukis dan hasil karya lukisan peserta didik. Subjek penelitiannya yaitu 12 orang peserta didik Sekolah Dasar SALAM. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran melukis pada peserta didik Sekolah Dasar di SALAM berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Proses pembelajarannya berjalan cukup baik dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh Bapak Bima Batutama selaku fasilitator melukis di SALAM, (2) kegiatan persiapan dilakukan dengan menyusun rencana belajar yang berisi materi atau tema, alat dan bahan, tempat pelaksanaan, alokasi waktu, dan jadwal pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran melukis dilakukan pada hari Kamis pada jam after school yaitu pukul 13.00-15.00 WIB di ruang kelas TA, dan kegiatan evaluasi dilakukan dengan membahas hasil karya lukisan peserta didik secara bersama-sama. (3) hasil karya lukisan dari masing-masing peserta didik memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing sesuai karakter dan fase perkembangan usianya. Sebagian besar dari peserta melukis adalah peserta didik periode kelas rendah yaitu rentan usia antara 6 atau 7 tahun sampai 9 tahun yang secara umum memiliki karakteristik senang belajar sambil bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, serta senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. Terlihat pada hasil karya lukisan peserta didik yang spontan dan ekspresif. %A Arum Nazurahaini