TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/42418/ AV - public KW - Relationship Marketing KW - Suasana Kafe KW - Kepuasan Pelanggan KW - Loyalitas Pelanggan TI - PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN SUASANA KAFE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN(Studi pada Pelanggan Dongeng Kopi Jogja di Yogyakarta) M1 - skripsi ID - UNY42418 PB - Fakultas Ekonomi A1 - Hakim, Alif Mufti N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan suasana kafe terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada pelanggan Dongeng Kopi Jogja di Yogyakarta. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Dongeng Kopi Jogja sejak tahun 2015. Sampel sebanyak 110 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan dalam bentuk kuesioner kepada responden. Uji validitas instrumen dengan membandingkan r hitung dengan r tabel sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) relationship marketing secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai CR 3,75 > 1,96 dan p-value 0,000 < 0,05. (2) suasana kafe secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai CR 2,64 > 1,96 dan p-value 0,008 < 0,05. (3) kepuasan pelanggan secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai CR 2,68 > 1,96 dan p-value 0,007 < 0,05. (4) relationship marketing secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai CR 2,72 > 1,96 dan p-value 0,006 < 0,05. (5) suasana kafe secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai CR 3,03 > 1,96 dan p-value 0,002 < 0,05. (6) relationship marketing dan suasana kafe secara signifikan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dengan nilai CR 2,08 > 1,96 dan p-value 0,037 < 0,05. Y1 - 2016/09/05/ ER -