eprintid: 42402 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1280 dir: disk0/00/04/24/02 datestamp: 2016-10-17 07:58:46 lastmod: 2019-01-30 11:21:03 status_changed: 2016-10-17 07:58:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tri, Astuti title: PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MAJALAH MODE SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XII DI SMK NEGERI 3 PATI ispublished: pub subjects: teknik_boga_busana divisions: ft_jurdik_boga_busana_pend_busana full_text_status: public abstract: PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MAJALAH MODE SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XII DI SMK NEGERI 3 PATI Oleh: Tri Astuti 08513247004 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual pada kompetensi menggambar busana dengan menggunakan majalah mode sebagai sumber belajar siswa kelas XII di SMK N 3 Pati; 2) untuk meningkatkan kompetensi menggambar busana dengan pendekatan kontekstual menggunakan majalah mode sebagai sumber belajar siswa kelas XII di SMK N 3 Pati. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom action research) yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas secara kolaborasi dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: 1) perencanaan; 2) tindakan; 3) pengamatan; 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pati bulan Januari 2011. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas XII busana butik 3. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan subjek penelitian dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan lembar penilaian unjuk kerja. Uji validitas menggunakan validitas konstrak (Construct Validity)berdasarkan Judgment Exsperts dan uji reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas antar rater. Hasil reliabilitas lembar penilaian unjuk kerja rata-rata rating dari ketiga orang rater diperoleh 'xxr= 0,978. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan majalah mode sebagai sumber belajar. Pada pra siklus siswa yang mengalami ketuntasan baru 50%, siklus pertama mengalami adanya peningkatan sebesar 7,7%. Dari kompetensi siswa yang terdiri dari 28 siswa yang berkategori belum tuntas ada 5 orang (18%) dan siswa yang berkategori tuntas ada 23 orang (64%). Pada siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 8,2%. Dari kompetensi siswa yang terdiri dari 28 siswa yang berkategori belum tuntas ada 0 orang (0%) dan siswa yang berkategori tuntas ada 28 orang (100%). Uraian diatas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat diterapkan pada pembelajaran menggambar busana dan dapat meningkatkan kompetensi menggambar busana siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Pati Kata kunci: peningkatan kompetensi, pendekatan kontekstual, majalah mode sebagai sumber belajar. date: 2016-10-17 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: U N Y thesis_type: skripsi citation: Tri, Astuti (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MAJALAH MODE SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS XII DI SMK NEGERI 3 PATI. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42402/1/Tri%20Astuti%2008513247004.pdf