TY - THES PB - UNY A1 - Mahayyun, Shofria Ihda N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan kebijakan pemerintah terkait penilaian kelas di taman kanak-kanak Kota Yogyakarta, yang menyangkut: (1) pemahaman tenaga pendidik tentang penilaian kelas, (2) perencanaan penilaian kelas, (3) pelaksanaan penilaian, dan (4) pelaporan hasil penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung dengan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah TK Negeri 2 Yogyakarta, TK Pembina Yogyakarta, dan TK ABA Nur?aini Ngampilan. Model evaluasi yang digunakan adalah model formatif dan sumatif dari Michael Scriven. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pemahaman tenaga pendidikan khususnya guru tentang teknik penilaian sudah mencukupi meskipun belum maksimal. Kurangnya pelatihan dan publikasi khusus tentang penilaian mempengaruhi pemahaman guru tentang penilaian kelas. (2) Perencanaan penilaian kelas dibuat seiring dengan RKH (Rencana Kegiatan Harian). Pembuatan RKH berdasarkan program mingguan, dan program mingguan dibuat berdasarkan program semester. (3) Pelaksanaan penilaian kelas sudah sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah, meskipun banyak kendala yang dihadapi. Teknik yang dipakai dalam penilaian kelas yaitu observasi, unjuk kerja, penugasan, hasil karya, dan percakapan yang diperkaya dengan catatan anekdot dan bimbingan konseling. (4) Pelaporan hasil penilaian kelas disusun dengan narasi (bukan angka) berdasarkan rangkuman penilaian bulanan. Buku rapor disampaikan kepada orang tua/wali siswa setelah ditandatangani oleh kepala taman kanak-kanak. Y1 - 2016/08/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/42398/ ID - UNY42398 M1 - tesis KW - kebijakan KW - penilaian kelas KW - taman kanak-kanak AV - restricted TI - Implementasi Kebijakan Penilaian Kelas di Taman Kanak-kanak Kota Yogyakarta. ER -