<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA\r\nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG\r\nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL\r\nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI\r\n1 GOMBONG"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh model\r\nproblem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik,\r\ndan (2) pengaruh model problem-based learning terhadap pengetahuan konseptual\r\npeserta didik dalam pembelajaran perubahan lingkungan dan daur ulang.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian\r\ndirancang berlangsung dalam 2 siklus pada materi Perubahan Lingkungan dan\r\nDaur Ulang Limbah untuk mencapai kriteria keberhasilan. Populasi penelitian\r\nadalah kelas X SMA Negeri 1 Gombong yang terdiri dari 7 kelas. Sampel\r\npenelitian diambil satu kelas berdasarkan teknik random sampling, yaitu kelas X-\r\n2 dengan jumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar\r\nobservasi keterlaksanaan pembelajaran model problem-based learning, dan soal\r\npretest serta posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan\r\npengetahuan konseptual pada peserta didik. Data hasil penelitian mengenai\r\nkemampuan berpikir kritis dan pengetahuan konseptual pada peserta didik\r\ndianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase yang\r\ndisajikan dalam bentuk tabel serta grafik.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan\r\nmenggunakan model problem-based learning dapat meningkatkan kemampuan\r\nberpikir kritis pada peserta didik (2) pembelajaran dengan menggunakan model\r\nproblem-based learning dapat meningkatkan pengetahuan konseptual pada peserta\r\ndidik. Kemampuan berpikir kritis yang baik akan menunjang pengetahuan\r\nkonseptual peserta didik. Dengan demikian, model problem-based learning dapat\r\ndigunakan sebagai model pembelajaran pada materi perubahan lingkungan dan\r\ndaur ulang limbah di jenjang SMA.\r\nKata kunci: problem-based learning, kemampuan berpikir kritis, pengetahuan\r\nkonseptual"^^ . "2016-07-22" . . . "UNY"^^ . . . "FMIPA, UNY"^^ . . . . . . . . . "Diah Tirta"^^ . "Puri"^^ . "Diah Tirta Puri"^^ . . . . . . "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA\r\nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG\r\nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL\r\nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI\r\n1 GOMBONG (Text)"^^ . . . "DIAH TIRTA PURI.pdf"^^ . . . "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA\r\nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG\r\nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL\r\nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI\r\n1 GOMBONG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA\r\nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG\r\nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL\r\nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI\r\n1 GOMBONG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA\r\nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG\r\nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL\r\nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI\r\n1 GOMBONG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA\r\nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG\r\nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL\r\nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI\r\n1 GOMBONG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #42378 \n\nPENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA \nPEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG \nLIMBAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL \nDAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X SMA NEGERI \n1 GOMBONG\n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . .