%0 Thesis %9 S1 %A Islamiyati, Nurul Ayuningtyas %B FMIPA %D 2016 %F UNY:42375 %I UNY %P 170 %T IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PROGRAM PENJURUSAN DAN JENJANG KELAS %U http://eprints.uny.ac.id/42375/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan problem solving siswa SMA Negeri dalam mata pelajaran biologi di Kota Yogyakarta. 2) Perbedaan kemampuan problem solving siswa SMA Negeri dalam mata pelajaran biologi pada program penjurusan MIA dan IPA di Kota Yogyakarta. 3) Perbedaan kemampuan problem solving siswa SMA Negeri dalam mata pelajaran biologi berdasarkan jenjang kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X dan XI MIA/IPA SMA Negeri 2 Yogyakarta dan SMA Negeri 10 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 1, X MIA 3, XI MIA 5, dan XI MIA 8 di SMA Negeri 2 Yogyakarta, serta kelas XA, XC, XI IPA 1, dan XI IPA 4 di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan problem solving siswa kelas X dan XI SMA Negeri di Kota Yogyakarta sebagian besar termasuk dalam kategori sedang. 2) Kemampuan problem solving siswa pada program penjurusan MIA dan IPA terdapat perbedaan yang signifikan. Kemampuan problem solving pada program penjurusan MIA lebih tinggi daripada program penjurusan IPA. 3) Kemampuan problem solving siswa berdasarkan jenjang kelas terdapat perbedaan yang signifikan. Kemampuan problem solving pada kelas XI lebih tinggi daripada kelas X. Kata kunci: jenjang kelas, kemampuan problem solving, program penjurusan MIA dan IPA