%I UNY %D 2011 %T Pengembangan Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar %L UNY42314 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menemukan asesmen alternatif yang valid, praktis dan efektif berlandaskan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan pendidikan dari Plomp dengan mengacu pada kriteria kualitas produk pengembangan yang dikemukakan Nieveen, yang meliputi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Tahapan pengembangan yang ditempuh meliputi dua tahap yakni tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan terdari dari atas 3 fase yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan, dan (3) fase realisasi, sedangkan tahap pengembangan meliputi fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian dilakukan pada tiga SD, yaitu SDN Timbulharjo, SDN Gambiranom, dan MIN Yogyakarta II. Hasil penelitian ini adalah seperangkat penilaian dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik. Hasil uji coba, menunjukkan bahwa asesmen alternatif telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan asesmen alternatif beserta perangkat asesmen yang digunakan termasuk dalam kategori sangat baik. Kepraktisan dan keefektifan asesmen alternatif beserta seluruh perangkat asesmen yang digunakan dalam pelaksanaan asesmen di dalam kelas termasuk kategori sangat praktis dan efektif. Ketercapaian keefektifan asesmen alternatif berdasarkan proses dan hasil pembelajaran cenderung meningkat dengan kategori baik. Demikian juga respons siswa dan guru terhadap penerapan asesmen alternatif yang cenderung positif. %A Fatimah Setiani %K asesmen alternatif, matematika, pendekatan realistik, sekolah dasar