TY - RPRT TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Y1 - 2014/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY42267 A1 - Yahya Achmad Satria, Yahya Achmad Satria N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang mamiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membakali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok, yang beralamatkan di Jalan STM Pembangunan No. 1 Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman,Yogyakarta. Selama pelaksanaan PPL ini, praktikan mengampu kelas XII TPBO dan XII TKR mata diklat Perbaikan Bodi Otomotif standar kompetensi ; Perbaikan Panel Plastik dan Aplikasi Cat Khusus. Pembelajaran ini dilaksanakan selama satu semester atau kurang lebih 14 kali pertemuan. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Namun berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta maka KBM yang dilaksanakan mahasiswa praktikan selama 8 kali pertemuan. Hasil kegiatan PPL ini praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas, baik di kelas teori maupun di kelas praktik. PPL juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar ataupun dalam praktik kependidikan lainya sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dengan lebih baik kemampuan dan keterampilannya tersebut. Pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatan-hambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik. UR - http://eprints.uny.ac.id/42267/ M1 - project_report AV - public ER -