eprintid: 42220 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/22/20 datestamp: 2016-10-11 23:45:13 lastmod: 2019-10-01 12:03:56 status_changed: 2016-10-11 23:45:13 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: ROLANNIRKI RUMAHORBO, ROLANNIRKI RUMAHORBO title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Profesionalitas merupakan suatu proses panjang yang takkan mudah dijalani. Hal itu tercermin dengan banyaknya persiapan yang harus dilakukan dalam rangka Program Pengalaman Lapangan (PPL). Suatu proses mendaki puncak profesionalitas berjalan setapak demi setapak hingga menuju puncak akhir kegiatan PPL. Namun, hal tersebut bukanlah akhir dari pencapaian kata professional karena masih ada banyak tempaan yang menunggu untuk menjadi seorang guru yang professional. Rangkaian kegiatan PPL UNY 2014 SMK N 2 Depok merupakan salah satu awal langkah untuk menjadi guru professional. Langkah dalam pelaksanaan PPL diawali dengan penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dilanjutkan observasi lingkungan pembelajaran, dan selanjutnya menjalani pembelajaran micro teching serta pembekalan PPL di Universitas. Selanjutnya seluruh kegiatan PLL diakhiri dengan praktik secara langsung belajar mengajar yang sebenarnya di SMK N 2 Depok Jurusan Teknik Pemesinan. Pada Jurusan Pemesinan mahasiswa praktikan mengampu satu mata pelajaran untuk 2 kelas yaitu mata pelajaran Mesin Bubut kelas XI TPA dan XI TPB. Mahasiswa praktikan mengajar selama 17 kali pertemuan dengan rincian 9 kali pertemuan untuk kelas XI TPB dan 8 kali pertemuan untuk kelas XI TPA. Setelah diadakannya evaluasi di pertemuan akhir dan dilakukan analisis daya serap siswa, hasilnya menunjukkan bahwa analisis daya serap siswa untuk mata pelajaran Mesin Bubut kelas XI TPA sebesar 84,73% dan kelas XI TPA sebesar 77,53%. Hal ini menunjukan bahwa kelas yang mahasiswa praktikan ajar dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran, karena lebih dari angka prosentase 65%. date: 2014 date_type: published publication: Laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: ROLANNIRKI RUMAHORBO, ROLANNIRKI RUMAHORBO (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK, SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/42220/1/103.docx