%0 Thesis %9 S2 %A Sawu, Anastasia Moi %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:42208 %I UNY %K model pembelajaran problem solving, hasil belajar kognitif, sikap ilmiah. %T Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN I Bajawa. %U http://eprints.uny.ac.id/42208/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN I Bajawa, (2) pengaruh model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran Fisika terhadap sikap ilmiah siswa kelas X SMAN I Bajawa, dan (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran problem solving dan model direct instruction terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Bajawa. Sampel pada penelitian penelitian ini adalah kelas X1 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran problem solving, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model direct instruction. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi sikap ilmiah. Pengujian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah menggunakan uji independent sample t-test. Pengujian untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran problem solving berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif, (2) model pembelajaran problem solving berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap ilmiah siswa, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model problem solving terhadap hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa dibandingkan model direct instruction.