%0 Thesis
%9 S1
%A Wahyu, Ibnu Nur Huda
%B U N Y
%D 2016
%F UNY:42176
%I fakultas Teknik
%T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN  SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI  INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN  CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
%U http://eprints.uny.ac.id/42176/
%X PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN  SISTEM SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI  INDUSTRI SMK N 2 DEPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN  CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING  Oleh :  Wahyu Ibnu Nur Huda  10501244020  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran  kontekstual (Contextual Teaching and Learning) menggunakan media  pembelajaran sistem SCADA dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata  pelajaran sistem SCADA kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK  N 2 Depok pada kompetensi dasar memahami perangkat keras sistem SCADA  dan memahami operasional sistem SCADA.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan  kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga  pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa  kelas XI program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok.  Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk  mengetahui peningkatan aspek kognitif, lembar observasi afektif untuk  mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar unjuk kerja dan jobsheet  untuk mengetahui aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan  adalah statistik deskriptif.  Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan model pembelajaran  kontekstual menggunakan media pembelajaran sistem SCADA, prestasi belajar  siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dapat terlihat dari data nilai rata-rata  aspek afektif yang pada siklus I pertemuan pertama sebesar 46,92% meningkat  pada siklus II pertemuan ketiga menjadi 83,71%. Pada aspek kognitif pada  pretest siklus pertama nilai rata-rata siswa sebesar 53,85 meningkat pada  posttest siklus II menjadi 84,44. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata siswa  siklus I sebesar 53,44 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,75.  Kata kunci: penelitian tindakan kelas, pembelajaran kontekstual, prestasi belajar,  media pembelajaran, sistem SCADA.